Pengaruh Harga dan Rating Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific di E-Commerce Berdasarkan Data Sekunder dari Shopee & Tokopedia

Siva Zulaika

Sari


This research was conducted with the aim of finding out the influence of price and product rating on purchasing decisions for skincare products on e-commerce Shopee and Tokopedia. This research uses quantitative methods with causal associative research characteristics, using secondary data. The population in this study were Indonesian people who had purchased skincare skintific moisturizer products on E-commerce Shopee and Tokopedia, with a total sample of 80 shops selling skincare skintific moisturizer on E-commerce Shopee and Tokopedia which were selected using the nonprobability accidental sampling method with data in the form of a cross section. The results of the partial test (t test) of this research show that the price variable does not have a significant effect on purchasing decisions with a prob value 0.92 is greater than >0.05 then the product rating variable has a positive and significant influence with a positive coefficient value of 11.04 with a prob value 0.0001 smaller <0.05.

Kata Kunci


E-commerce, Harga, Rating Produk, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.

Alexandra, P. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Yang Membeli Produk Perawatan Skintific). In E.Prints Ums. http://eprints.ums.ac.id/108771/1/naspub.pdf

Almayani, R. N., & Graciafernandy, M. A. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee Rahmatun. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 5(1), 97–107.

Amanda, suci nabila siti, Ayunia, & Sudrajat, A. (2023). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12)(12), 505–514.

Amruddin, A., Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Pradina Pustaka.

Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian produk moisturizer skintific. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 395. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.28748

Aradatin, S. A. Al, Muslih, B., & Meilina, R. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Angkatan 2017 UNP Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi (SENMEA), 757–767.

Aristamia, D. P., Salim, M. A., & Athia, I. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). Jrm, 12(02), 2361–2370.

Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332.

Dimas, R. (2023). Metode penelitian dan studi kasus pada PO. Wisata Komodo (Skripsi, Universitas XYZ).

Dwi, D. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 8–19. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.442

Elma, E., & Rosha, R. (2022). Pengaruh Online Review, Rating, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplkace Shopee (Studi kasus pada pengguna Shopee di Kecamatan Kapur IX). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–4.

Farida, F., & Wiryani, E. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Serum Scarlett Whitening. Management and Accounting Expose, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.36441/mae.v6i1.1153

Fernandes, J., & Hilwani, A. N. (2021). Pengaruh pendapatan asli daerah dan dana perimbangan terhadap kinerja keuangan pada 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Jurnal JIPS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic), 5(2), 15-30.

Firjatullah, T. S., Febrianti, L. V. N., Putri, S. N. P., Wainggai, D. H. M. L., & Nurcahyo, F. S. A. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 36–42. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p36-42

Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.

Goeliling, A., Devi, N. N., Goeliling, A., Sahabuddin, R., Arimbawa, A. P., Rahman, F. A., & Muhammad, A. F. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific. Jurnal Penelitian, 3(2), 49-61.

Hardani, H., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Jayanti, K. D., Nurlenawati, N., & Triadinda, D. (2023). Pengaruh Harga Dan Testimoni Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Whitelab Pada Marketplace Shopee. 4(6), 7284–7303.

Kamaru, T., & Kurniati, A. (2017). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dampaknya pada loyalitas pelanggan usaha kecil menengah Monster Shaker Cafe. Jurnal Manajemen FE-UB, 5(2), 82-90.

Kusumawardhani, T. (2023). Pengaruh komunikasi pemasaran, social media marketing, dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi, 5(2), 100-106.

Khasanah, S., Nurhidayah, & Sholehuddin, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Keamanan Bertransaksi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Skintific Pada E-commerce Shopee. 12(02), 221–232.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI SOCIOLLA. 6(1), 139–154.

Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 882–888. https://forms.gle/t44jvKgVK6XAiZwi8.

Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548–557. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204

Ningsih, putri sri eliska. (2019). PENGARUH RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE. In Jurusan Teknik Kimia USU (Vol. 3, Issue 1).

Nofirda, F. A., & Susanto, P. (2024). Manajemen pemasaran. Widina Media Utama.

Puspita, D. F., Harini, C., & Jalantina, D. K. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Kota Semarang). Jurnal Manajemen, 8(2), 1–10. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1939

Putri, G. E. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-commerce. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–8.

Rahman, A. M. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Kecamatan Medan Johor). https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/18787

Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3

Rahmawati, R., & Suwarni, E. (2023). Ulasan Produk dan Jumlah Produk Terjual Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Jurnal Dimmensi, 3(1), 46–53.

Ramadhani, D. A. S., & Prastiwi, A. (2019). Pengaruh Nilai Harga, Ulasan, Kemudahan, Keamanan, Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Raudah, M. Z., & Saputra, H. (2024). Pengaruh harga dan online customer review terhadap keputusan pembelian skincare Skintific di Shopee pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi UNIMED. Jurnal ARASTIRMA Universitas Pamulang, 4(1), 316-329.

Restuti, N., & Kurnia, M. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Marketplace Shopee. Borobudur Management Review, 2(1), 24–40. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i1.6817

Say, A. B., & Gulo, Y. I. (2022). Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Gojek di Jakarta. Journal of Economics and Business UBS, 11(2), 119-130.

Shiddiqy, I. A. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing Terhadap Purchase Decision Melalui Buying Interest ( Studi pada Konsumen Produk Skintific ). 2(1).

Silvia, V. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee Di Jakarta Utara. Kwik Kian Gie School of Business.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Development of Information Technology on Increasing Business Online. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75. https://doi.org/10.30606/hjimbhttp://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki

Suwondo, N. M., & Andriana, A. N. (2022). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 595.

Tulanggow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT . Shopee International Indonesia Di Kota Manado (Vol. 9, Issue 3).

Valentina, A., Rizal, M., & Hardiningtyas, R. T. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Media Sosial Tiktok. E-Journal Riset Manajemen, 12(2), 590–601.

Widyaningsih, P. E. (2024). Pengaruh online customer review dan harga terhadap keputusan pembelian produk skincare serum Somethinc pada marketplace Shopee dalam perspektif ekonomi Islam (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).




DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v5i2.502

Keizai

Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325

  Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats