Pengaruh Nama Toko terhadap Minat Beli Konsumen

Abdul Holif

Sari


The purpose of this study was to determine whether the name of the store had an influence on the variable of buying interest in SHMG fashion and 35,000 Sampit fashion. This study uses quantitative methods, and the population presented is all customers who have come and bought at SHMG and all 35,000 Sampit, and the sample taken in this study was obtained from 100 respondents. Sampling using accidental sampling with purposive sampling method and data analysis of this study using multiple linear regression analysis. And this research instrument uses a questionnaire containing questions that will be given to respondents using Likert scale measurements to collect data about store name variables and buying interest. And the results of the study indicate that the store name variable does not have a significant effect on the buying interest variable. This means that even though the shop name is made to show that the shop name is cheap, this will not affect buying interest or will reduce buying interest.

Kata Kunci


Store Name; Buying Interest; Consumers

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 1(2), 68.

Ardian, N. (2019). Pengaruh insentif berbasis kinerja , motivasi kerja , dan kemampuan kerja terhadap prestasi kerja pegawai UNPAB. Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(2), 119–132.

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299

Aribowo, E. K. (2017). Linking Arabic, Islam, and Economy: Onomastics on Business Name of People of Arab Descent in Indonesia. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 25(2), 284. https://doi.org/10.19105/karsa.v25i2.1390

Aribowo, E. K., & Herawati, N. (2016). Pemilihan Nama Arab sebagai Strategi Manajemen Identitas di antara Keluarga Jawa Muslim. International Seminar Prasasti III: Current Research in Linguistics, 270–277. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/view/1508/1398

Basyir, A. (2019). Pengaruh Fashion Lifestyle Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Batik Tulis Madura Al-Fath Kkg Bangkalan). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3).

Belendung, D., Purwadadi, K., & Subang, K. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.

Billyarta, G. W., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy. Journal of Chemical Information and Modeling, 18(1), 41–62.

Gazali, I., Adek, A., & Suryadiputra, S. (2019). Kinerja Pemasaran : Percaya Takhayul Dengan Nama Bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 90. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1814

Gunawan, A., Hatane, S., & Dharmayanty, D. (2013). Analisis Pengaruh Store Name, Brand Name, dan Price Discounts terhadap Purchase Intentions Konsumen Infinite Tunjungan Plaza. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1), 1–7. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/209/153

Hutabarat, E. (2017). Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(2), 83–91.

Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 18210047, 1–13.

Jaya, A., Manajemen, M., Kristen, U., Paulus, I., Ekonomi, F., Kristen, U., & Paulus, I. (2022). Jurnal Sosio Sains. 8, 8–15.

Kamal, A., & Seto, S. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Citra Toko Sebagai Variabel Intervening Di Toko Buku. 1.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.

Lawendatu, J., Kekenusa, J. S., & Hatidja, D. (2014). Regresi Linier Berganda Untuk Menganalisis Pendapatan Petani Pala. D’CARTESIAN, 3(1), 66. https://doi.org/10.35799/dc.3.1.2014.3998

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 67–79. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/505

Maulidia, S. I., Rachma, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Fashion Raisya Bandar Lampung. E- Jurnal Riset Manajemen, 8, 64–76.

Mutiara, M., & Wibowo, I. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 10–20. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419

Nilam Ayu Widyaningrum. (2017). Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 635–641.

Purnamasari, I. G. . Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1).

Putri, A. Z., & Permatasari, I. R. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Moslem Fashion di Elzatta Kawi Malang. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 225–229. file:///C:/Users/BC/Downloads/ISSN GH ke KP signifikan.pdf

Putri, & Deniza. (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chicken Nugget Fiesta Di Kota Padang. Jurnal Agrica, 11(2), 70–78. http://ojs.uma.ac.id/index.php/agrica

Reven, D., & Ferdinand, T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. http://jurnalhikmah.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/10/13

Saehu, A. A. (2018). Pengaruh Pembinaan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Management Review, 2(3), 238. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1801

Sanjaya, A. S. (2021). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Climatethirty. Performa, 5(4), 272–278. https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1780

Saputro, M. T., & Pratiwi, P. D. (2020). Pengaruh Return on Equity, Current Ratio, Ukuran Perusahaan Terhadap Debt To Equity Ratio Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 9(1), 106. https://doi.org/10.12928/fokus.v9i1.1553

Setyarini, A. (2020). Analisis Pengaruh CAR, NPL, NIM, BOPO, LDR terhadap ROA (Studi Pada Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia Periode 2015-2018). Research Fair Unisri, 4(1), 282–290. https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3409

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Surjana, D. (2019). Pengaruh Store Image Perception, Dan Store Brand Price Image Terhadap Store Brand Purchase Intention Dengan Perceived Risk Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i2.4960

Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan promosi terhadap proses Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Vol.26(2), 146–154.

Thalia Claudia Mawey, Altje L. Tumbel, I. W. J. O. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 1198–1207.

Wahyudianto, M. Z. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Butuhbaju.Com. Performa, 5(4), 311–319. https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1786




DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v3i1.289

Keizai

Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325

  Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats