ANALISIS PENGARUH PENERAPAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENJUALAN PRODUK BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL DENGAN PANDEMI COVID-19 SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Rudi Irwanto, Demitrius Kristiyono

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Digital Marketing terhadap Penjualan Produk dan Pengaruh Digital Marketing yang dimoderasi oleh Pandemi Covid-19 pada usaha skala Mikro dan Kecil yang ada di Kecamatan Kota Besi. Adapun yang dipilih sebagai populasi adalah seluruh Pelaku usaha Mikro dan Kecil yang ada di Kecamatan Kota Besi. Sampel yang diambil dalam penelitian diperoleh sebesar 130 responden yang terbagi menjadi 68 responden yang menggunakan Digital Marketing dan 62 responden yang tidak menggunakan Digital Marketing. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Convenience Sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner dengan menggunakan skala likert untuk pengumpulan data tentang variabel Digital Marketing, Pandemi Covid-19 dan Penjualan Produk dengan menggunakan Metode MRA (Moderating Regression Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh Signifikan dan Positif terhadap Penjualan Produk. Hasil lain yang disimpulkan adalah bahwa Pandemi Covid-19 bukan merupakan variabel moderasi dalam hubungan antara Digital Marketing dan Penjualan Produk. Variabel Pandemi Covid-19 merupakan variabel independen (predictor) dalam hubungannya dengan Penjualan Produk.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.