Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Minat Belanja di Mentari Swalayan dimana Kemudahan Belanja di Alfamart menjadi Variabel Moderating
Sari
This study was purposed to determine the effect of price and product completeness on shopping interest in Mentari Swalayan with the ease of shopping as a moderating variable. What is presented as a population is all customers who have shopped at Mentari Swalayan and Alfamart. The sampling method used was convenience sampling, in which the total amount of respondents was 112. The research instrument is a questionnaire using a Likert scale to collect data about price and product completeness variables and purchase desire, as well as the ease of shopping as a moderating using the HRA (Hierarchical Regression Analysis) method. The results of this study showed that price and product completeness partially and simultaneously have a positive significant effect on purchase intention. According to the result of data analysis, the ease of shopping does not moderate the effect of price and product completeness on shopping interest.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abduh, Muhammad. (2017). Pengaruh Suasana Toko (STORE ATMOSPHERE), Lokasi, Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Minat Belanja
Afriliani, Devi. (2019) Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Lip Tint Wardah di Sampit. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Darwan Ali Sampit.
Aji, Arif Purnomo. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli di Luwes Delanggu. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Aslam, Abdul Kadir. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Minimarket terhadap Minat Dan Kebiasaan Belanja Masyarakat Di Kelurahan Tamamaung Kota Makassar. Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota, Fakultas Sains Dan Teknologi UIN ALAUDDIN Makassar.
Aziz, Abdul. (2018) Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Kecamatan Tamalate Kota Makasar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Alauddin Makassar.
Bannazirlie, Githa. (2012).Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen Belanja di Pasar Modern (Studi Kasus di Surya Supermarket Ciledug Kabupaten Cirebon). Jurusan Muamalah dan Perbankan Islam, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Dwi, Priyanto. (2009). Mandiri Belajar dengan SPSS. Jakarta Selatan: Buku Kita
Fandy Tjiptono, (1996). Manajemen Jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, (2000). Strategi Pemasaran Edisi II. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fure, Hendra. (2013). Pengaruh Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1(3)
Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemah : Sumarno Zain,. Jakarta: Erlangga.
Hamid, Abdul. (2007). Buku Panduan Penulisan Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitass Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
Irianti, Erlita Yuli. (2011). Analisis Faktor Persepsi Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Giant Hypermarket Maspion Surabaya. Program Studi Manajemen Fakultas Narotama Surabaya.
Hafidzi, Alreza Anan. (2013). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Swalayan Bravo Di Kota Bojonegoro). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Semarang.
Kotler, Philip (2008). Manajemen Pemasaran. Jilit 1, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler dan Amstrong (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler Philip, Amstrong Gary (2013). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 2, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketiga, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, Mm. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Amstrong. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9 Jilit 1. Prenhalindo : Jakarta.
Ma'ruf, Hendri. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nur, Wahyunita. (2016) Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Giant Ekspres Cabang Alauddin Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Islam UIN Alauddin Makassar.
Oetomo, Rahadian Ali Dan Rini Nugraheni. (2012). Analisis Pengaruh Keragaman Menu, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang). Jurnal Manajemen, 2(1)
Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang). Dalam Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 2(1)
Riorini, S. V. (2012). Faktor- Faktor yang Menjadi Pertimbangan Konsumen dalam Memilih Departement Store. Fakultas Ekonomi Trisakti Universitas Krida Wacana. Jurnal Meditek. Vol. 9 No 24. Hal 1-18.
Sopiah, Syihabudhin (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV. Andi Offeset.
Sholichah, Imro'atus. (2018). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Fast Moving Consumer Goods Dengan Moderasi Store Atmosphere di Alfamart Di Kota Jember (Studi pada Mahasiswa Universitas Jember). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Jember.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sujana, Asep St. (2012). Manajemen Minimarket (Cet. 1). Jakarta: Raih Asa Sukses.
Suliyanto. (2011). Ekonomika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan Spss. Yogyakarta: Penerbit Andi
Surono. (2010) Analisis Pengaruh Penetapan Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tamara, Yogi. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Indah Swalayan Panam PekanBaru. Fakultas Bisnis, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau.
Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Marketing (Ed. 3). Yogyakarta: CV. Andi Offset Edisi Ketiga.
Tjiptono Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Marketing. Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset Edisi Ketiga.
Utami, Christina Widhya. (2010). Manajemen Ritel. Salembah Empat: Jakarta
Umar. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cet 2; Jakarta: Bumi Angkasa
Utami, Christina Widhya. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Umar, Husein. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Ed. 2). Jakarta: PT Raja Grafindo
DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v2i1.180
Keizai
Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

