Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Muzakki dalam Membayar Zakat di Lembaga Amil Zakat Nurul Fikri Zakat Center Area Sampit
Sari
This study aims to examine the effect of the influence of service quality, knowledge, and trust on Muzakki's decision to pay zakat at the Amil Zakat Institution Nurul Fikri Zakat Center Sampit Area. Data was collected through questionnaires with 100 respondents from muzak who paid zakat at Nurul Fikri Zakat Center Sampit Area. The sampling method and technique used are the Non-Probability Sampling Method and uses accidental sampling technique. T-test to test and prove the research hypothesis. The results of the t-test analysis showed that the service quality variable did not significantly influence Muzakki's decision to pay zakat at the Amil Zakat Institution Nurul Fikri Zakat Center Sampit Area, as evidenced by a regression value of 0.131 and a calculated value of 0.545 with a significance level of 0.587. The knowledge variable does not significantly influence the decision to pay Zakat at the Amil Zakat Institution Nurul Fikri Zakat Center Sampit Area, which proves with a regression value of 0.015 and a calculated value of 0.192 with a significant level of 0.848. The Trust variable has a significant positive effect on the decision to pay Zakat at the Amil Zakat Institution Nurul Fikri Zakat Center Sampit Area, which proves with a regression value of 0.273 and a calculated value of 3.422 with a significant level of 0.001.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdussalam, F. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi terhadap Keputusan Menempatkan dana Zakat untuk Dikelola Masjid (Studi Kasus Al Muhajirin Bukit Pamulang Indah). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Arifin, Gus. Keutamaan Zakat, Infak, Sedekah Dilengkapi dengan
Tinjauan dalam Fikih 4 Mazhab. Quanta
Asnawi, Nur dan Masyhuri. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang :UIN Malang Press
Daud, Denny. (2013). Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal EMBA. 1(4)
Diana, S. M. 2017. Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Anggota Menabung di BMT Bina Umat Sejahtera Kalijambe. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta
Ekowanti, Mas R.L. (2017).Kemitraan dalam Otonomi
Daerah. Malang : Inteligensia Media.
Hamdani dan Lupiyoadi. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa (Ed. 2). Jakarta: Salemba Empat
Hidayat, Akmal. (2015). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembeli. Skripsi. Universitas Darwan Ali Sampit.
Kamruddin. (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berzakat Profesi dan Loyalitas Muzakki terhadap LAZ Rumah Zakat Kota Samarinda. Jurnal Eksekutif. 12(2)
Maima, Rizka. (2012). Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Sikap Pelanggan dan Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian Ulang (studi kasus pada CV. Mukti Manunggal Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro
Putri, A. L. (2017). Pengaruh Atribuk Produk Islam, Komitmen Agama, Kualitas Jasa dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah (studi kasus pada KJKSBMT Dana Mulia Mangu). Skripsi. IAIN Surakarta
Rouf, M. A. (2011). Analisis Faktor-Faktor yangMempengaruhi Minat Masyarakat Membayar zakat di Runah Zakat Cabang Semarang. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo
Sari, Elsi K. (2006). Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf. Jakarta : PT. Grasindo
Suntoyo, Drs. Danang. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen (Teori, Kuesioner, Alat dan Data). Yogyakarta: CAPS.
Syafitri, D. M. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Keputusan menjadi donatur Baitul Mal Hidayatullah Cabang Kediri. JESTT. 1(2)
Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Yunus, Muhammad. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas dan Kontribusi terhadap Minat Pedagang Mengeluarkan Zakat di Baitul Mal (Studi Kasus pada Pedagang Pasar Los Lhokseumawe). Tesis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v1i1.151
Keizai
Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

