Analisis Penjualan Produk Tas Di Toko Dimas Jaya Menggunakan Algoritma Apriori

Selamet Juliaman

Sari


Saat ini, bisnis penjualan Tas mengalami perkembangan dan peningkatan yang signifikan. Akibatnya, setiap toko mengalami peningkatan jumlah transaksi. Namun, banyak toko masih mengalami kesulitan menempatkan barang sesuai dengan apa yang sering dibeli atau barang apa pun yang sering dibeli. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana kami dapat menggunakan Algoritma Apriori untuk mengetahui penempatan produk yang tepat dan produk apa saja yang paling sering dibeli oleh pelanggan. Tujuan dari proses ini adalah untuk membantu toko dalam menyusun produk mereka sehingga mereka dapat membantu pelanggan dan dengan mudah menemukan produk yang paling sering dibeli oleh pelanggan. Pada kasus ini saya akan menggunakan penelitian selama 10 hari pada toko Dimas Jaya dengan total 120 transaksi. Penelitian ini akan menggunakan 4 aturan yang memenuhi dukungan minimal 6% dan kepercayaan minimal 75%, dari hasil penelitian ini didapatkan 4 aturan asosiasi penempatan yang relevan atau memenuhi 4 aturan dari minimal support dan confidence. Diantaranya adalah pada saat Tas Dwanmis terbeli maka Tas Alto ikut terbeli.

 

Kata kunci— Data Mining; Data Transaksi; Algoritma Apriori.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Nofianti, M. Y. Yawan, dan M. A. Nazar, “Implementasi Data Mining dalam Pengolahan Data Transaksi Toko Sembako Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Toko Devan Mart),” 2023.

ED Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” 2018.

zai, “Implementasi Data Mining Sebagai Pengolahan Data,” 2022.

R. Saputra dan A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” 2020.

N. Lestari, “Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan,” 2017.

A. N. Rahmi dan A. Mikola, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Pada Customer (Studi Kasus : Toko Bakoel Sembako),” 2021.

IA Rahman, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Toko Sembako Dengan Algoritma Apriori,” 2022.

R. Yanto dan R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” 2015.

D. S. Purnia, A. I. Warnilah, S. Nusa, M. Jakarta, dan A. Bsi Tasikmalaya, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori,” 2017.

A. D. Setyawan, “Data Mining Application Using Apriori Algorithm For Analysis Of Sales Pattern In XYZ Helmet,” 2016.

N. Fitrina, K. Kustanto, dan R. T. Vulandari, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Ssistem Rekomendasi Barang Di Minimarket Batox,” Okt 2018.

zunita, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Tata Letak Menempatkan Barang Dagangan ‘Toko Mekar Sari’ Di Blitar,” 2022.

D. S. Purnia, A. I. Warnilah, S. Nusa, M. Jakarta, dan A. Bsi Tasikmalaya, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori,” 2017.

Mohammad Badrul, “Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan,” 2016.

K. Tampubolon, H. Saragih, dan B. Reza, “Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan Oleh, Implementasi,” 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EJECTS: Jurnal Computer, Technology, and Informations System

Gedung Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74322

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats