Keputusan Konsumen Menggunakan Ojek Sampit: Harga, Produk, Orang, dan Bukti Fisik
Sari
The study was conducted to analyze the effect of price, promotion, people, and physical evidence on PitJek's purchasing decisions. There are five independent variables in the study, namely price, promotion, people, and physical evidence, and the dependent variable is purchasing decisions. Data were obtained by distributing questionnaires to 100 samples who had used the services of PitJek (Sampit Ojek). Samples were taken using the accidental sampling technique. The research analysis method is quantitative with validity and reliability tests, the analysis technique is the outer and inner models. The results of the analysis show that each statement is declared valid and reliable. In the results of hypothesis testing, it is found that price has a positive effect on purchasing decisions for PitJek services, while the results of promotions, people, physical evidence, and income (control variables) do not affect the purchasing decisions of PitJek services
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anau, Andykha Pratama. (2015). Analisis Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Proses Keputusan Pembelian Di DKI Jakarta (Studi Pada Pengguna Go-Jek). Skripsi STIE Indonesia Banking School.
Agussalim, Stephaldi Otto dan Jan, Arazzi Bin Hassan. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Online Go-Jek Di Manado. Jurnal EMBA Vol.6,No.4.
Dermawan, Berri dkk. (2019). Pengaruh Price, Promotion, Dan People Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online. Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Vol.8,No.3.
Dhuhita, Ivana Puspa. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Yoghurt Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS) Di PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Batu. Skripsi Universitas Brawijaya Malang.
Farenzia, Siska dan Raymond. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Grab. Jurnal Manajemen Bisnis Vol.33,No.1.
Harianto, Medy. (2015). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Mobil Xenia Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada PT. Tri Mandiri Sejati). Skripsi Universitas Darwan Ali.
Ismawati. (2020). Pengaruh Implementasi Quality Function Deployment (Qfd) Melalui Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasaan Pasien Rsud Dr. Murjani Sampit (Studi Kasus Layanan Rawat Inap). Skripsi Universitas Darwan Ali.
Khasanah, Lailatul Nurul dkk. (2021). Analisis Kualitas Layanan Grab Protect, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Menggunakan Transportasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2017 Jurusan Manajemen Yang Menggunakan Grab). E-jurnal Riset Manajemen.
Kusumawati, Dyah dan Saifudin. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Millenia Di Jawa Tengah. Jurnal JAB Vol.6,No.01.
Manggoa, Debi A dkk. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Ojek Online Grabbike Di Kota Kupang). Journal Of Management Vol.11,No.1.
Maesaroh, Siti dan Kurniati, Eling Ri. (2021). Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ilmiah Ekonomi Vol.16,No.1.
Nurmadina. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online. Skripsi UIN Alauddin.
Nugroho, Rizma. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Taksi Online Go-Car Di Kota Solo. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putra, Arfansyah. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Jasa Grab Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Rezky, Muhammad. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Moblie Transportasi Online. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol.6,No.3.
Syahfitri, Sukma. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Gojek Di Kota Medan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Tandirerung, Aletha Clara. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Go-Car (Studi Pada Konsumen Go-Car di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Skripsi Universitas Sanata Dharma.
Teddy, Anthonius dan Zuliestiana, Dinda Amanda. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung. Jurnal e-Proceeding of Management Vol.7,No.2.
Widjaja, Andrew E., dan Indrawati, Lilik. (2018). Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Ojek Online. Jurnal Bisnis Terapan Vol.2,No.2.
Zaidah, Nurus. (2015). Analisis Marketing Mix 4P (Product, Price, Promotion, dan Place) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di PT. Putra Lautan Sejahtera Sampit. Skripsi Universitas Darwan Ali.
DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v3i1.262
Keizai
Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.