RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID

Adi Jaya Kurniawan, Catur Hermawan

Sari


Game edukasi sangat menarik untuk dikembangkan, ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional, salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Tujuan perancangan adalah menambah minat anak dalam melestarikan kebudayaan Indonesia dan mengambil manfaat dalam bermain sambil belajar khususnya untuk anak-anak berusia 6 tahun atau lebih. Dalam upaya meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur pendidikan dan budaya diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran dan pengenalan budaya. Salah satunya adalah dengan merancang sebuah aplikasi mobile yang dibangun mengikuti perkembangan teknologi mobile saat ini, yaitu teknologi berbasis platform android. Metode yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner dan dokumentasi test kepada pengguna. Penelitian juga dilakukan dengan membandingkan game sejenis. Metode perancangan dimulai dari tahap Analisis Sistem, Perancangan Sistem, Pengujian, Implementasi. Dengan adanya aplikasi pengenalan budaya Indonesia ini para generasi muda diharpakan dapat mengenal dan mencintai keragaman budaya daerah yang dimiliki bangsa ini.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



JPDF: Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA)

Gedung Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74322

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats