Pengaruh Biaya Service terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Trio Motor Sampit)

Yuliana Yuliana

Sari


This research illustrates the role of motor vehicles in daily activities, particularly motorcycles, which have become favorites amidst dense urban mobility. Trio Motor Sampit, as an official service provider of Honda, offers quality-guaranteed services. Despite the higher service costs at Trio Motor Sampit, the number of customer visits increases from month to month. This indicates that most consumers are not influenced by the higher prices and continue to choose quality services. The research findings indicate that cost and service do not have a significant influence on customer satisfaction at Trio Motor Sampit. Higher costs do not affect consumers' decisions to use Trio Motor Sampit's services.

Kata Kunci


Cost, Consumer Satisfaction, Service

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeni, N. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Eqien, 8(1), 391782.

Andrini, R. (2020). Pelayanan Bank Syariah Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum Uin Suska Riau). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(1), 20–29.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.

Apriani, munica. (2011). Analisis pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat mereferensikan (. Studi Kasus Pada Maskapai Penerbangan Garuda Keberangkatan Semarang, 1–100.

Atmoko, P. T. (2022). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Ninja Xpress Sampit. Keizai, 3(2), 93–104.

Djohan, Y. D. (2021). Analisis Penerimaan Learning Management System Pada Kuliah. itk. ac. id Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Institut Teknologi Kalimantan.

Ekowati, S., Finthariasari, M., & Aslim, A. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pada Eleven Cafe Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(1).

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadyarti, V., & Kurniawan, M. Z. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Eco-Entrepreneur, 8(2), 47–59.

Halim, J. J. (2023). Pengaruh Fasilitas dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung (Study Kasus pada Camp Kobes). Keizai, 4(1), 44–51.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(1), 26–38.

Nasution, S. M. A., & Nasution, A. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 142–155.

Rahmawati, R., Syauki, M., & Hasrina, C. D. (2022). Pengaruh Kualitas Jaringan, Kualitas Pelayanan, Emosional, dan Biaya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu Telkomsel. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 6(2), 73–80.

Rokhman, W. (2016). Pengaruh Biaya, angsuran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan BMT di kabupaten Kudus. IQTISHADIA Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 9(2), 326.

Roscoe, A. M., Lang, D., & Sheth, J. N. (1975). Follow-up Methods, Questionnaire Length, and Market Differences in Mail Surveys: In this experimental test, a telephone reminder produced the best response rate and questionnaire length had no effect on rate of return. Journal of Marketing, 39(2), 20–27.

Rusdawati, R., & Andriyati, Y. (2021). Pengaruh Harga dan Kelengkapan Produk terhadap Minat Belanja di Mentari Swalayan dimana Kemudahan Belanja di Alfamart menjadi Variabel Moderating. Keizai, 2(1), 31–40.

SIDIQ, F. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Iksan Motor Sragen). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siswadi, F., Hari, M., & Sufrin, H. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 18(1), 42–53.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, F. (2022). Service Management: Mewujudkan layanan prima edisi 4. Penerbit Andi.

Ulfa, M. (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Oksigen Gili Iyang Kabupaten Sumenep. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Vincensia, Rahmawati, & Dewi. (2019). Comparative Analysis of Company Financial. 341–350.




DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v4i2.485

Keizai

Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325

  Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats