Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Ninja Xpress Sampit

Parni Tri Atmoko

Sari


The aim is to analyze the effect of on-time delivery and price on customer satisfaction with Ninja Xpress Sampit. The phenomenon in this study is, based on data on the delivery of goods in 2021, there are many delays in the delivery of goods. Then the problem of price or shipping rates on Ninja Xpress Sampit is more expensive than other logistics companies. Quantitative research and sample collection technique used a non-probability sampling method through a convenience sampling approach and 100 people as samples. The data were analyzed by multiple regression, and the test was carried out using SPSS 22. The results of the partial study showed that the variable on the delivery time (X1) had a significant and positive effect on consumer satisfaction and price (X2) also had a significant and positive impact on customer satisfaction with a value of each having the same significance, namely 0.00 < 0.05. Where the level of significance is below 0.05, H1 and H2 are accepted, meaning that the delivery time and price have a significant effect on customer satisfaction with Ninja Xpress Sampit.


Kata Kunci


Timeliness of Delivery; Price; Customer Satisfaction

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhikara, N. B., & Sugiono, S. (2014). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ulang Jasa English Course (Studi Kasus Pada Konsumen Ilp English Course Semarang). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.

Hafizha, S., & Nuryani, H. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Handoko, B. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1).

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.

Juniariska, S., Rachma, N., & Primanto, A. B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Tarif Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. POS INDONESIA (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. POS INDONESIA Cabang Gempol). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(12).

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(003).

Munparidi, M. (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 7(1).

Nasution, A. R. (2020). Pengaruh Harga dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen pada J&T Express di Kota Medan.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75.

Nurjamad, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Pada Kepuasan Pelanggan Fitur Go-Ride Pt. Gojek Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Teknologi, 13(1), 1–11.

Pangudi, Y. H. H., & Yuniati, T. (2018). Analisis Ketepatan Waktu, Pelayanan, Dan Keamanan Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pt Temas Line Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 7(7).

Priambodo, Y., Vikaliana, R., & Purnaya, I. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Jasa Freight Forwarding Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Semoga Sukses Logistik. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(1), 57–66.

Rohman, S., & Abdul, F. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Express Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73–85.

Rosadi, A. A. S. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kemitraan Ninja Express Jatihandap Kota Bandung. Jurnal Bisnis Dan Teknologi, 13(1), 12–20.

Sakti, B. J., & Mahfudz, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada J&T Express Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 7(4), 137–144.

Septika, B. H. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Narmada Di Kota Mataram. Jurnal Sangkareang Mataram, 2(2), 5–8.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sukaesih, D., Mulyani, A., & Usman, B. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. TIKI JNE Sub Agen Kayuagung. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(1), 18–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v3i2.277

Keizai

Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325

  Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats