Pengaruh Instagram sebagai Social Media Marketing terhadap Perilaku Konsumtif Wanita di Kota Sampit

Dea Ananda

Sari


This study aims to determine the effect of Instagram as a social media marketing on consumptive behavior. The population of this study was women in the city of Sampit with an age range of 17-26 years with a sample of 100 respondents. The sampling method used purposive sampling with an instrument in the form of a Likert scale questionnaire. The data analysis method used is multiple linear regression. The results show that Instagram as social media marketing has a positive and significant effect on consumptive behavior. This means that women in the city of Sampit have consumptive behavior. Therefore, if the information on products specific to women's fashion is further improved, information on the latest goods is continuously developed, and advertising appearances on Instagram are made more attractive, then the consumptive behavior of women viewing Instagram will increase.


Kata Kunci


Instagram; Social Media Marketing; Consumptive Behavior

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–180.

Annisa, N. A., & Kurniasih, L. (2012). Pengaruh corporate governance terhadap tax avoidance. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 8(2), 123–136.

Batang, B. K. (2011). C. Populasi dan sampel penelitian.

Dewi, C. K. R., Surya, R. A. S., & Hasan, M. A. (2017). Pengaruh pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi, dan perilaku tidak etis terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi (Studi Empiris Pada SKPD Kabupaten Bengkalis). Riau University.

Dwivedi, Y. K., Kapoor, K. K., & Chen, H. (2015). Social media marketing and advertising. The Marketing Review, 15(3), 289–309.

Ermawati, E., & Indriyati, E. P. (2011). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMP N 1 Piyungan. Jurnal Spirits, 2(1), 1–12.

Fanani, I., & Djati, S. P. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Fundamental Management Journal, 1(04), 40–53.

Janna, N. M., & HERIANTO, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Competence: Journal of Management Studies, 11(2).

Lestary, R. M. I. (2021). Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Tingkat Ekonomi Orang Tua pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.

Li Harlyan. (2013). IV,V,LAMP,I-14-deo-FE. Ledhyane.Lecture.Ub.

Marlius, D. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh.

Maulana, I. (2019). Pengaruh Instagram Sebagai Social Media Marketing Terhadap Perilaku Konsumtif Wanita Karir di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

Nduru, R. E., Situmorang, M., & Tarigan, G. (2014). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil produksi padi di Deli Serdang. Saintia Matematika, 2(1), 71–83.

Ningtyas, M. (20014). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.

Salmiah, S., Fajrillah, F., Sudirman, A., Siregar, M. N. H., Simarmata, J., Suleman, A. R., Saragih, L. M., Hasibuan, A., Sudarso, A., & Hasibuan, A. F. H. (2020). Online Marketing. Yayasan Kita Menulis.

Sriningsih, M., Hatidja, D., & Prang, J. D. (2018). Penanganan Multikolinearitas dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama pada Kasus Impor Beras di Provinsi Sulut. Jurnal Ilmiah Sains, 18(1), 18–24.

Sukendri, N. (2018). Perbedaan Perilaku Belanja Antara Mahasiswa Dan Mahasiswi di STAH Negeri Gde Pudja Mataram. Distribusi-Journal of Management and Business, 5(1), 73–84.

Sutrisno, S. (2017). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips. Universitas Kanjuruhan Malang.

Utomo, R. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Komitmen Pimpinan Perusahaan, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2013. Pengaruh Profitabilitas, Komitmen Pimpinan Perusahaan, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2013, 53(9), 1689–1699.

We Are Social. (2021). Digital 2021. Global Digital Insights, 103.

Yuliantari, M. I., & Herdiyanto, Y. K. (2015). Hubungan konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri di kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 89–99.




DOI: http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v3i2.276

Keizai

Gedung Fakultas Bisnis, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74325

  Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats