APLIKASI BELAJAR BAHASA JEPANG BERBASIS ANDROID

Muhamad Rusli, Nurahman Nurahman

Sari


Perkembangan smartphone yang berkembang pesat, saat ini pengguna smartphone dapat melakukan banyak hal, mulai dari kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari- hari sampai yang berkaitan dengan masalah pekerjaan dan pendidikan. Selain hal tersebut, menurut survei pada tahun 2012, Indonesia menduduki peringkat kedua dari seluruh negara dalam jumlah orang yang mempelajari bahasa Jepang terbanyak didunia. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi belajar bahasa Jepang berbasis Android yang diperuntukan untuk tahap awal belajar bahasa Jepang.

Dalam metode penelitian menggunakan metode studi literatur untuk menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat dan metode Extreme Programming untuk membuat Planning (Perencanaan), Design (Perancangan) ,Coding (Pengkodean) dan Testing (Pengujian). Selain metode tersebut, dalam penelitian ini juga menggunakan metode ISO 9126 untuk menentukan standar aplikasi dan mencari responden untuk memberi penilaian tentang aplikasi yang telah dibuat.

Dari hasil penelitian yang dibuat maka berhasil membangun sebuah aplikasi belajar bahasa Jepang berbasis Android yang berisi berbagai menu pilihan untuk tahap awal belajar bahasa Jepang.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



JPDF: Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA)

Gedung Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Darwan Ali, JL. Batu Berlian, No. 10, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, 74322

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats